Waspadai [5 Tanda] Nyeri Haid Yang Tidak Normal Ini - Nyeri Haid

Waspadai [5 Tanda] Nyeri Haid Yang Tidak Normal Ini

Nyeri haid dan kram memang rasanya tidak enak bun ya, tapi masih tidak apa-apa jika tidak terlalu sering.

Karena itulah akan sangat mengagetkan dan menakutkan saat tiba-tiba kram dan nyeri yang kita rasakan menjadi lebih sakit atau terasa berbeda.

Mungkin rasa sakit yang biasanya masih terasa biasa, tiba-tiba makin terasa sakit, atau rasa sakit yang biasanya memudar setelah haid, tetap terasa meski haid sudah selesai.

Nyeri haid yang tidak normal ini harus diwaspadai.

Apapun perubahan yang mencolok seperti ini, sebaiknya jangan dianggap sepele, karena bisa jadi merupakan perubahan yang cukup berbahaya jika dibiarkan.

Lewat artikel ini bun, kita share tentang bagaimana nyeri haid dan kram dapat menjadi pertanda sesuatu tengah terjadi didalam tubuh kita saat haid.

KRAM YANG MENYIKSA DAN PENDARAHAN YANG BANYAK

Anda mungkin memiliki miom rahim. Pertumbuhan tumor jinak ini muncul dari dalam atau dariluar otot dinding rahim anda. 

Penyebabnya masih belum jelas, tetapi miom adalah masalah yang sangat umum pada wanita, terutama wanita usia 30an dan 40an.

Rasa nyeri yang dirasakan, dapat disebabkan oleh peradangan atau karena miom itu sendiri yang menekan beberapa bagian dari rahim anda.

Yang harus dilakukan: Kunjungi dokter anda dan katakan kepadanya semua gejala-gejalanya.

Dokter anda akan melakukan serangkaian pemeriksaan atau scan, yang dapat mengidentifikasi apakah anda memiliki miom dan menentukan apakah miom itu harus diangkat atau tidak.

Karena pengangkatan miom tergantung dari banyak faktor diantaranya seberapa besar, dan lokasinya.

Miom dapat berukuran sebesar kancing baju sampai sebesar jeruk.

Dan karena miom ini sangat sensitif terhadap hormon estrogen anda, diet makanan rendah pemicu estrogen akan sangat dianjurkan.

Penggunaan pil KB untuk mengatur hormon estrogennya juga dapat membantu menekan rasa nyeri dan sakitnya.

NYERI YANG TIDAK BEGITU SAKIT, TAPI KONSTAN

Anda mungkin menderita Infeksi Radang Panggul, sebuah infeksi serius yang terjadi pada rahim, ovarium dan / atau saluran tuba falopi anda.

Penyakit menular seksual yang tidak terawat seperti clhamydia atau gonnorhea, dimana keduanya terkadang tidak menimbulkan gejala, adalah salah satu hal yang paling umum menyebabkan infeksi radang panggul.

Rasa nyerinya tidak begitu terasa dan tidak begitu menyengat, tetapi tetap terasa tidak nyaman.

Tetapi saat menjelang haid dan biasanya anda merasakan nyeri dan kram, maka infeksi radang panggul ini akan semakin memperburuk rasa sakitnya.

Yang harus dilakukan: Segera buat janji temu dengan dokter kandungan anda.

Walau infeksi radang panggul memang biasanya tidak emergency, dokter anda akan melakukan serangkaian test untuk mencari penyebab yang sebenanrya dan memberi anda antibiotik secepatnya.

Infeksinya dapat disembuhkan, tetapi  jika tidak terawat dalam waktu yang terlalu lama, jaringan parut dapat terbentuk pada jaringan organ reproduksi anda dan mengganggu kesuburan anda.

NYERI YANG TAJAM DI SAMPING

Anda mungkin menderita apa yang dinamakan dengan "Ovarian Torsion" atau "Posisi Ovarium Yang Memutar".

Ovarian torsion terjadi saat sesuatu ( semacam kista ), membuat ovarium anda berputar posisi dari posisinya yang sebenarnya, dan membuat aliran darah kearahnya terhambat.

Rasanya akan sangat menyakitkan dan merupakan keadaan medis yang sangat emergency, karena jika tidak segera dirawat dapat berakibat hilangnya fungsi ovarium dan menyebabkan kemandulan.

Yang harus anda lakukan: Segera lakukan cek fisik anda ke dokter. Dokter akan melakukan scan baik itu USG atau scan yang lain untuk mengetahui masalah ini.

Jika memang anda positive menderita ovarian torsion, maka dibutuhkan operasi laparoskopi untuk mengembalikan arah dan posisi ovarium anda,

Terkadang, ovarium masih dapat diselamatkan pada beberapa kasus. Tapi jika ovarium telah berwarna hitam gelap, maka dia harus diangkat.

Untungnya, jika satu ini benar diangkat, masih ada ovarium anda yang satu, yang masih dapat berfungsi normal.

NYERI HAID DISERTAI KRAM DIMANA OBAT MEDIS TIDAK MEREDAKANNYA

Anda mungkin mengalami "endometriosis", sebuah kondisi dimana jaringan rahim tumbuh dan berpindah ke organ yang lain seperti ovarium dan saluran tuba falopi.

Seiring waktu, jaringan ini akan membentuk kista.

Sebanyak 10% wanita mengalami endometriosis dan membutuhkan beberapa tahun untuk didiagnosa dan diketemukan karena kebanyakan wanita mengira kram dan nyeri haidnya adalah hal yang normal.

Rasa nyeri endometriosis ini seperti rasa nyeri yang akan mengganggu kegiatan dan pekerjaan anda sehari-hari.

Dan tergantung dimana letaknya didalam panggul, endometriosis juga menyebabkan rasa sakit saat berhubungan badan.

Yang harus anda lakukan : Kunjungi dokter anda dan katakan semua gejalanya.

Dokter akan melakukan USG dan test pengambilan gambar untuk menunjukan anda beberapa pilihan solusinya.

Karena jaringan endometriosis ini sangat sensitif terhadap hormon, menggunakan pil kb dan pengobatan hormonal lain dapat membantu mengurangi gejala dan rasa sakitnya.

Meski tidak menyembuhkannya.

Namun satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk endometriosis adalah dengan melakukan operasi laparoskopi dan mengangkat sebanyak mungkin jaringan yang ada ( walaupun nanti akan tumbuh lagi ).

Terapi hormonal menggunakan herbal ini dapat membantu mengatasi akar masalahnya.

KRAM DAN NYERI YANG TERJADI SETELAH PEMASANGAN IUD

Anda mungkin mengalami IUD yang tidak cocok.

Dalam 3 bulan pertama setelah dokter anda memasang IUD kedalam rahim, anda akan merasakan kram yang normal.

Ini tanda bahwa tubuh anda sedang menyesuaikan diri.

Yang harus anda lakukan : Jika sebelumnya anda tidak pernah mengalami kram setelah pemasangan IUD, tetapi kali ini terasa,

Kemungkinannya adalah karena posisinya tergeser atau tidak bagus.

Dokter akan melakukan test ultrasound untuk memastikan posisinya apakah masih bagus atau tidak.

Jarang sekali ada masalah yang serius dengan hal ini bun, tetapi dengan melakukan medical checkup, dokter dapat mengeceknya dan membenarkan posisi IUD anda lebih pas, sehingga kram anda akan berkurang.

MENCEGAH MASALAH MASALAH INI TERJADI JAUH HARI

Apapun penyakitnya bun, mencegah adalah cara dan jalan terbaik daripada mengobati.

Karena mengobati selain tidak selalu berhasi, biaya dan waktu yang dibutuhkan juga tidak sedikit.

Kebanyakan dari penyebab masalah-masalah diatas, adalah karena masalah hormonal baik itu hypersensitif terhadap hormon tertentu atau sebaliknya.

Untuk masalah yang disebabkan dan kaitannya dengan hormon, sebenarnya dapat dicegah dengan menjaga keseimbangan hormon anda dari sekarang, dengan pola hidup sehat atau dengan terapi herbal.

Untuk terapi herbal yang saya rekomendasikan, sudah banyak saya berikan di website ini, silakan lihat kebeberapa bagian website ini untuk menemukannya.

Dan terakhir, jika anda saat ini merasakan salah satu masalah diatas apalagi yang emergency, jangan menunda lagi, segera kunjungi dokter anda untuk segera mendapatkan perawatan.