Benarkah Vitamin E Dapat Meringankan Nyeri Haid ? - Nyeri Haid

Benarkah Vitamin E Dapat Meringankan Nyeri Haid ?

Ada banyak wanita yang menderita karena berbagai masalah yang datang menjelang atau pasca menstruasi yang disebut PMS atau premenstruastion syndrom bun.

Apa itu Pre Menstruation Syndrom dan bagaimana mengatasinya"

Saya telah berbagi sedikit tentang cara mengatasi nyeri haid saya secara pribadi dan permanen disini.

Dan kali ini, saya fakta tentang meringankan masalah PMS dengan vitamin E.

Benarkah vitamin E dapat meringankan nyeri haid anda?

KAITAN VITAMIN DAN NYERI HAID ANDA

Diketahui bahwa ada banyak vitamin dan mineral serta herbal yang dapat membantu mengurangi gejala negatif menstruasi anda bun.

Sebelum kita melihat apa saja vitamin, mineral dan herbal ini, mari kita lihat sebentar tentang PMS, apa itu, dan apa yang dilakukannya.

Premenstrual Syndrom adalah gejala umum yang diderita wanita yang dirasakan seminggu sebelum keluarnya darah menstruasi pada tiap siklus menstruasinya.

Semua wanita mengalami siklus menstruasi yang akan berulang setiap bulan selama 28 - 31 hari untuk normalnya.

Siklus ini terdiri dari beberapa fase dan kesemua fase ini berbeda.

Gejala PMS pada setiap fase berdasarkan apa yang terjadi didalam tubuh anda saat itu.

Fase Siklus Menstruasi terdiri dari:

  • Fase Follicular
  • Fase Luteal
  • Fase Bleeding
  • Fase Post Menstrual

Ada banyak gejala pada fase fase ini yang disebabkan oleh tubuh yang memproduksi hormon yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon, rasa sakit, dan gangguan emosional.

APAKAH VITAMIN E DAPAT MEMBANTU MERINGANKAN PMS?


Akan muncul banyak pertanyaan seperti:

  • Jika memang iya, gejala apa yang dapat dibantu dan seberapa dosis yang dibutuhkan ?
  • Apakah vitamin E bisa untuk nyeri haid, haid tidak teratur atau pendarahan yang banyak tiap siklus?
  • Apakah efek vitamin e pada nyeri haid, pendarahan menstruasi atau migrain saat mens?

Jawaban dari pertanyaan pertanyaan ini ada banyak dan akan sangat membantu para wanita dan ibu yang memiliki masalah masalah diatas.

Pada beberapa studi ada bukti yang kuat yang mengatakan bahwa vitamin E dapat membantu meringankan gejala PMS pada sebagian besar wanita.

"Suplemen yang mengandung vitamin E dan asam lemak omega 3 dapat membantu mengurangi gejala Premenstrual Syndrom (PMS)" - Brazilian researchers report in Reproductive Health.

Dari 120 wanita yang menderita PMS dan lebih banyak lagi wanita yang menderita lebih parah, mereka yang meminum 1 - 2 gram kapsul vitamin E dikombinasikan dengan suplemen Asam Lemak Omega-3, menunjukkan peningkatan pada gejala PMS mereka dalam 6 bulan, dibandingkan wanita yang mendapatkan pil kosong.

Kapsul yang diberikan oleh peneliti ini disediakan oleh perusahaan Hebron Farmaceutica.

Wanita yang menerima 2 gram dosis lebih tinggi menerima peningkatan lebih baik daripada wanita yang menerima dosis lebih rendah. ( Sumber: https://www.webmd.com/women/pms/news/20110119/vitamin-e-and-fatty-acids-may-ease-pms#1 )

Peneliti mempercayai bahwa suplemen yang mengandung vitamin E efektif menurunkan gejala PMS karena kandungan asam lemak akan menurunkan produksi hormon prostaglandin dan menurunkan efek hormon proklatin.

Penelitian menunjukan bahwa adalah karena banyaknya produksi hormon proklatin lah yang menyebabkan berbagai masalah dan gejala PMS.

Prostaglandin diketahui sebagai penyebab rasa sakit dan peradangan dan kebanyakan dari hormon ini terproduksi selama menstruasi.

Jadi jika suplemen dengan vitamin E dan asam lemak Omega 3 dapat membantu menurunkan efek kedua hormon ini, maka kedua suplemen ini dapat membantu menurunkan efek negatif dari PMS anda.

Anda dapat menemukan vitamin E dalam berbagai jenis makanan seperti oatmeal, nasi merah, kacang-kacangan, sayuran seperti bayam, gandum, dan kedelai.

Sepertinya dosis 400iu setiap hari sangat membantu sekali menurunkan gejala PMS anda.

Ini termasuk menurunnya rasa gelisah, tidak nyaman, depresi, pusing dan kurangnya konsentrasi yang biasa anda rasakan saat haid.

Penelitian lain yang dipublikasikan oleh "Journal Reproductive Medicine" melaporkan bahwa mengkonsumsi vitamin E menurunkan rasa pusing, rasa tidak nyaman, payudara sakit, dan meningkatkan konsentrasi selama haid.

Juga ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa rendahnya konsumsi vitamin diatas ikut memberi andil pada rendahnya kesehatan reproduksi, contohnya rendahnya kesuburan pada pria dan wanita.

Meski peneliti ini belum yakin bagaimana vitamin E dan omega 3 ini bekerja, mereka berspekulasi bahwa vitamin dan mineral ini memiliki peran penting dalam upaya menyeimbangkan dan menormalkan hormon kewanitaan selama PMS. ( sumber: www.natural-remedies-review.com/vitamin-e-for-pms.html )

Pada tayangan televisi Dr. Oz yang membahas tentang isu PMS pada wanita, merekomendasikan suplemen yang mengandung banyak vitamin, mineral dan herbal selama haid dimana vitamin E merupakan faktor utama.

Dengan mengkonsumsi kombinasi dari suplemen diatas, Dr. Oz percaya bahwa wanita dapat menghadapi gejala PMS nya.

Beberapa suplemen lain yang direkomendasikan oleh Dr. Oz antara lain vitamin V6, kalsium dan magnesium.

Bersama dengan vitamin E, mineral, vitamin dan herbal ini diketahui akan menekan dan menurunkan rasa moody, tidak nyaman pada payudara, konstipasi, dan kembung yang umumnya berujung pada nyeri haid.

KESIMPULAN

Vitamin E dan asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan dan meringankan gejala PMS dan nyeri haid anda bun.

Menurunkan saja, tidak menghilangkan.

Jika anda ingin menghilangkan, ikuti panduan yang saya share di sini.

Jika anda memang memiliki masalah ini, silakan dicoba.

Anda bisa beli vitamin E diapotek terdekat di daerah anda.

Untuk suplemen OMEGA-3 (download gambaranda bisa nitip saya disini.

PMS memang harus kita terima sebagai salah satu hal yang akan terus kita terima setiap bulan bun.

Namun PMS juga adalah pertanda bahwa anda masih dapat haid, yang mana itu artinya anda masih sangat subur.

Sangat subur, sehingga masih dapat mendukung program kehamilan anda ( jika masih melakukan ) =)